Pada artikel kali ini, saya beserta kelompok
akan menjelaskan tentang definisi web science, apa itu web science? bagaimana
sejarah web? Apakah aplikasi yang digunakan dalam arsitektur web? Untuk lebih
jelasnya, mari kita simak penjelasan dibawah ini.
- PENGERTIAN WEB SCIENCE
Web
Science adalah ilmu yang mempelajari tentang efisiensi atau pemanfaatan dari
sebuah web, agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang di
dalam kehidupan sehari-hari..Contoh-contoh nyata yang sudah diterapkan dapat
dilihat pada bidang komersil atau bidang ekonomi, bidang sosial dan bidang
pendidikan.
1. Sejarah Web
A.
Pre-Web
a) Hypertext
Hypertext adalah suatu
paradigma ( cara atau pola ) antarmuka untuk menampilkan dokumen, yaitu dapat
bercabang ke dokumen lain. Menurut definisi awal hypertext berarti “ branch or
perform on request” yang artinya bercabang atau melaksanakan saat diminta. Yang
paling banyak digunakan dalam dunia komputer adalah penelusuran antar dokumen
yang disebut hyperlink.
b) Memex
(Memory
Extender)
Vannevar Bush (11 Maret, 8190 - 30
Juni, 1974 adalah seorang insinyur dan ilmuwan berkebangsaan Amerika yang
dikenal karena pencapaiannya pada bidang kompetisi analog, peran politiknya
pada pengembangan bom atom, dan idenya tentang Memex, yang dipandang sebagai
konsep awal yang mendasari munculnya teknologi World Wide Web.
Memex
adalah nama yang diberikan oleh Vannevar Bush untuk sebuah mesin teoretis yang
ia usulkan dalam artikelnya As We May Think, yang dimuat pada tahun 1945 pada
The Atlantic Monthly. Memex ini akan memiliki fitur selain menghubungkan.
Pengguna dapat merekam informasi baru mengenai mikrofilm, dengan mengambil foto
dari kertas atau dari layar sentuh yang sensitif tembus.
c)
Usenet (User Network)
Mahasiswa
pascasarjana Universitas Duke bernama Tom Truscott dan Jim Ellis mencetuskan
idenya pada tahun 1979 untuk selanjutnya membangun sistem ini pada tahun 1980.
Pengguna membaca dan mengirim pesan umum (disebut artikel atau posting, dan
secara kolektif disebut berita) ke satu kategori atau lebih yang disebut
newsgroup.
Usenet
merupakan sistem diskusi Internet yang terdistribusi secara global. Sistem ini
dikembangkan dari arsitektur serbaguna UUCP dari nama yang sama.
d) FTP
(File Transfer Protocol)
FTP
adalah protokol jaringan standar yang digunakan untuk mentransfer file dari
satu host ke host lain melalui jaringan berbasis TCP, seperti Internet. FTP
dibangun pada arsitektur client-server dan menggunakan kontrol terpisah dan
sambungan data antara klien dan server. Pengguna FTP dapat mengotentikasi
sendiri menggunakan sign-in yang jelas. Teks protokol biasanya dalam bentuk
username dan password , tetapi dapat terhubung secara anonim jika server
dikonfigurasi untuk memungkinkan itu. Untuk transmisi aman yang menyembunyikan
(enkripsi) username dan password, dan mengenkripsi konten, FTP sering diamankan
dengan SSL / TLS ("FTPS").
e) Ghoper
Gopher adalah aplikasi TCP / IP protokol lapisan
yang dirancang untuk mendistribusikan, mencari, dan mengambil dokumen melalui
Internet. Diciptakan oleh tim yang dipimpin oleh Mark P. McCahill di University
of Minnesota, protokol ini menawarkan beberapa fitur tidak didukung oleh native
Web dan menerapkan hirarki yang lebih kuat pada informasi yang tersimpan di
dalamnya.
B.
Pengertian Web 1.0, Web 2.0 dan Web
3.0
a) Web
1.0
Web 1.0 adalah web yang hanya bisa
‘read-only’. Maksudnya adalah pada web 1.0 ini kebanyakan hanya bisa melakukan pencarian atau browsing
informasi yang ingin dicari. Beberapa ciri khas dari situs Web 1.0:
1. Halaman statis, bukan dinamis
pengguna-konten yang dihasilkan.
2. Penggunaan framesets.
3. Milik HTML ekstensi seperti
dan tag diperkenalkan pada awal perang browser.
4. Online guestbook.
5. GIF tombol, biasanya 88×31
piksel dalam ukuran web browser dan mempromosikan produk lain.
6. Pengguna akan mengisi
formulir, dan setelah mereka mengklik mengirimkan email klien akan mencoba untuk mengirim email yang berisi
formulir rincian.
b) Web
2.0
Web 2.0 adalah web yang mengarah
pada ‘read and write’. Pada web 2.0 ini adalah web yang lebih mempunyai
keunggulan daripada web 1.0. web 2.0 ini mempunyai inovasi dan fitur – fitur
yang terbaru yang menyebabkan munculnya suatu pandangan tentang bagaimana isi
dari web 2.0 ini.
Keuntungan
atau kelebihan dari web 2.0 ini berbanding terbalik dengan web 1.0 yaitu
pengguna (pengunjung web) berkemungkinan dapat melhat suatu konten website
tanpa harus mengunjungi situs tersebut dan harus melihat semua konten yang ada
satu per satu.
c) Web
3.0
Web 3.0 adalah
sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu
komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online. Konsep ini
dapat diandaikan sebuah website sebagai sebuah intelektualitas buatan
(AI/Artificial Intelegence).Jadi di konsep ini, diibaratkan tidak hanya manusia
saja yang mampu berinteraksi (web 2.0) tetapi aplikasi-aplikasi online pun
(website) kini dapat saling ‘berbicara’.
C.
Pertumbuhan Sosial dan Ekonomi
Pertumbuhan
sosial merupakan perkembangan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan
dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai,
sikap-sikap sosial, dan polaperilaku di antara kelompok-kelompok dalam
masyarakat.
Pertumbuhan ekonomi adalah proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu. Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan juga sebagai proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional. Adanya pertumbuhan ekonomi merupakan indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi.
Pertumbuhan ekonomi adalah proses perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu. Pertumbuhan ekonomi dapat diartikan juga sebagai proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional. Adanya pertumbuhan ekonomi merupakan indikasi keberhasilan pembangunan ekonomi.
D.
Web Science dan Metodologi Web
Science
Web Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan.
Berbagai penelitian yang berlangsung saat ini melakukan pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung, 2001]. Sebagai contoh laporan riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman (.de) melakukan perubahan setiap minggu. Model lain adalah metodologi model analisis yang mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi probabilitas. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi.
Anggota Kelompok :
Web Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan.
Berbagai penelitian yang berlangsung saat ini melakukan pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung, 2001]. Sebagai contoh laporan riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman (.de) melakukan perubahan setiap minggu. Model lain adalah metodologi model analisis yang mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi probabilitas. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi.
2. Arsitektur Web dan Aplikasi Utama
A.
HTTP, HTML, Web Server,
browser dan Transaction
·
HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
sebuah protokol
jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif,
dan menggunakan hipermedia.
·
HTML (Hyper Text Markup Language)
bahasa standar untuk
membuat suatu dokumen HTML (halaman web) yang terdiri dari kode-kode singkat
tertentu, dimana dengan kode-kode tersebut akan memerintahkan Web Browser
bagaimana untuk menampilkan halaman Web yang terdiri dari berbagai macam format
file seperti teks, grafik, animasi, link maupun audio-video.
·
Internet
sebuah jaringan
komputer yang terdiri dari berbagai macam ukuran jaringan komputer di seluruh
dunia mulai dari sebuah PC, jaringan-jaringan lokal berskala kecil, jaringan-jaringan
kelas menegah, hingga jaringan-jaringan utama yang menjadi tulang punggung
internet seperti NSFnet, NEARnet, SURAnet, dan lain-lain.
·
Web browser
sebuah progam yang
dapat menterjemahkan kode perintah dari dokumen HTML tersebut sehingga dapat
kita lihat, baca dan dengar. Contoh dari Web Browser adalah Internet Explorer,
Netscape Navigator, Mozilla Firefox, Opera, Safari dll.
· Web server
Software yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol
komunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi
tertentu seperti peramban
web.
·
Transaction
Browser
Transaction adalah software atau program
yang digunakan untuk menjelajah internet dan untuk transaksi bisnis rutin
seperti daftar gaji dan inventarisasi.
B.
User generated content, blogs,
wikis, folsonomies, social network
·
User Generated Content.
User Generated Content
(UCG) adalah berbagai jenis content yang tersedia secara publik dan diproduksi oleh
para end-user.
Kunci utama dalam User
Generated Content adalah sebuah participatory atau partisipasi. Para foundersitus-situs di
atas pasti berfikir, bagaimana agar jutaan pengguna internet tertarik untuk
masuk dan berpartisipasi. Manfaat aplikasi web yang menarik, kemudahan
penggunaan, interface yang nyaman, layanan terjamin, knowledge sharing mungkin
bisa membuat pengguna tertarik untuk mencoba dan berpartisipasi di
dalamnya.Sebagian kalangan mengatakan User Generated Content ini sebagai
Perbudakan 2.0.
Mereka (para Founder)
tidak perlu susah-susah untuk mengupdate konten situsnya sendiri, cukup membuat
aplikasi web kemudian mempekerjakan jutaan pengguna internet untuk mengisi
konten utamanya. Mereka (jutaan pengguna intenet) tidak dibayar dari menulis konten
tapi founder mendapatkan banyak benefit dengan situs yang mereka tawarkan.
·
Blogs
singkatan dari Web Log,
Blog itu sendiri adalah sebuah situs yang asal mulaya merupakan catatan harian
online yang dibuat oleh siapa pun, kapan pun, dan di manapun. Jenis Blog /
penyedia Blog local maupun internasional : Blogger.com, wordpress.com,
Typepad.com, livejournal.com, blogdrive.com.
·
Wikis
kumpulan
halaman-halaman web yang dapat diubah oleh semua orang setiap saat. Konsep dan
peranti lunak wiki diciptakan oleh Ward Cunningham.
·
Folksonomies
Folksonomies adalah
sebuah metode untuk menciptakan dan mengatur tag yangmenjelaskan dan
mengategorikan content.
Tag tersebut umumnya
merupakanhyperlink yang akan mengarahkan Anda pada sekumpulan item
yangberhubungan dengan tag tersebut. Bentuk tag tidak selalu harus berupa
teks,tetapi dapat juga berupa image. Sekumpulan tag yang saling terkait
denganpersamaan bentuk sering juga disebut tag cloud, umunya tag cloud memiliki
30hingga 150 tag.
· Social network
Social Networking
adalah kegiatan menjalin hubungan dengan orang lain melalui social media sites
/ situs jejaring sosial yang ada di internet. Bisa diakses di mana saja, kapan
saja dan oleh siapa saja. Dan tidak jarang juga, orang-orang yang “maenan”
situs semacam ini dibilang melakukan kegiatan yang ngga mutu. Padahal status
update pun memiliki potensi dengan dampak yang luas. Sayangnya, terlalu sering
sebuah buku dinilai hanya dari sampulnya.
C.
Semantic
Web summary: XML, RDF, OWL, microformats, microdata
Semantic
web merupakan perkembangan dari World Wide Web, dimana informasi semantik dan
layanan web didefinisikan, sehingga memungkinkan bagi web untuk memahami dan
memenuhi permintaan orang dan mesin untuk menggunakan konten web.
·
XML
XML (Extensible Markup
Language) adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang disarankan oleh W3C
untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang
beraneka ragam. XML merupakan kelanjutan dari HTML (HyperText Markup Language)
yang merupakan bahasa standar untuk melacak Internet.
·
RDF
Resource Description
Framework (RDF) adalah suatu kerangka kerja umum untuk bagaimana menggambarkan
setiap sumber daya Internet seperti situs web dan isinya.
·
Microformats
Microformats adalah
salah satu cara menambahkan penandaan sederhana agar tiap data mudah terbaca
oleh manusia seperti peristiwa, rincian kontak atau lokasi pada halaman web
sehingga informasi di dalamnya dapat diekstraksi oleh perangkat lunak dan
diindeks, dicari, disimpan, bertukaran-referensi, atau dikombinasi.
·
Microdata
Microdata merupakan mekanisme
Anotasi berupa pasangan variabel dan nilai yang diberikan pada sebuah dokumen
HTML. Anotasi itu sendiri bisa Anda artikan sebagai catatan yang dibuat oleh
pengarang untuk menjelaskan suatu kode.
Referensi
:
Anggota Kelompok :
- Dede Ahlam Tohir (51412770)
- Fathul Bahrul Ulum Tan (52412802)
- Irvan Nizuar (53412819)
- Yoga Indra Permana (57412824)
0 komentar:
Posting Komentar